Wednesday 16 May 2018

Contoh Skripsi PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Contoh Skripsi PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Sumber Foto : Google.com

Sekripsi - Hai sobat batas catatan, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan salah satu contoh karya skripsi PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Bagi sobat mahasiswa yang mungkin sekarang ini sedang bingung2nya bimbingan sekripsi, semoga artikel kali ini bisa membantu.

Penelitian tindakan kelas pada artikel ini tentang PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Abstrak : Dalam proses pembelajaran di kelas, ada masalah yang dialami oleh guru dan siswa. Masalah guru yaitu dalam pengelolaan kelas, sedangkan siswa merendahnya prestasi siswa dan mengalami kemerosotan nilai, siswa dalam proses belajar pembelajaran cenderung pasif dan tidak memperhatikan guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran active knowledge sharing pada mata pelajaran ekonomi di Ma Hasyimiyah Sukolilo Bancar Tuban.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 siklus, dan mengacu pada prosedur penelitian tindakan yaitu: planning, action, observation, dan reflection. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas X MA Hasyimiyah Sukolilo Bancar Tuban. Data penelitian ini diperoleh dari lembar observasi, tes evaluasi (post test), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Analisis data dilakukan dengan cara mengolah skor hasil pengamatan aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam bentuk prosentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di X MA Hasyimiyah Sukolilo Bancar. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar ekonomi siswa kelas X MA Hasyimiyah Sukolilo Bancar dengan strategi pembelajaran active knowledge sharing mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada : (a) lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola KBM menunjukkan aktivitas guru meningkat yakni siklus I sebesar 38,80%, siklus II sebesar 59,70%, dan siklus III sebesar 77,70%. (b) lembar observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukkan aktivitas siswa meningkat yakni siklus I sebesar 38,80%, siklus II sebesar 60% dan siklus III sebesar 70,50%. (c) hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 40%, siklus II sebesar 52% dan siklus III sebesar 72%. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran active knowledge sharing efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : strategi pembelajaran active knowledge sharing, aktivitas, dan hasil belajar.

Selengkapnya bisa anda download di link berikut ini :

DOWNLOAD
Kode : batascatatan.blogspot.com
Baca Juga

Artikel Terkait

0 Response to "Contoh Skripsi PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI"

Post a Comment