Wednesday 16 May 2018

Contoh Skripsi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA  PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Contoh Skripsi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Sumber Foto : Google.com

Sekripsi - Hai sobat batas catatan, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan salah satu contoh karya skripsi PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Bagi sobat mahasiswa yang mungkin sekarang ini sedang bingung2nya bimbingan sekripsi, semoga artikel kali ini bisa membantu.

Penelitian tindakan kelas pada artikel ini tentang PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Abstrak :Berdasarkan studi awal yang dilakukan oleh peneliti, yang diperoleh dari hasil wawancara dengan guru ekonomi, observasi awal, penulis melihat adanya indikasi bahwa pembelajaran ekonomidi MA Al-Manar Sedan belum optimal, hal ini dilihat dari hasil belajar ekonomi.dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi khususnya pada siswa kelas X MA AL-Manar adalah keaktifan siswa yang rendah sehingga membuat kegiatan pembelajaran menjadi tidak berjalan sesuai harapan. Kurangnya aktivitas dan kesadaran siswa terhadap kemampuan yang dimilikinya, serta pemahaman siswa tentang pentingnya menggali informasi dari berbagai sumber. Padahal, apabila siswa ingin memahami materi dengan baik mereka juga harus banyak membaca buku referensi lain, dan banyak bertanya dengan siswa lain sehingga tidak hanya menjadikan guru sebagai sumber belajar bagi mereka. Siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan ide-ide pokok dan pendapat yang dimilikinya, siswa juga enggan untuk bertannya kepada guru ketika tidak bisa memecahkan masalah yang di berikan.Hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang hanya mencatat dan mendengarkan saja, sedikit yang bertanya dan mengemukakan pendapat tentang materi yang diberikan guru. Penggunaan model pembelajaran yang cocok akan mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran yang nantinya peserta didik menguasai materi pelajaran dan hasil belajar ekonomi meningkat.Salah satu inovasi yang diharapkan dapat membantu proses belajar dan meningkatkan hasil belajar kelas X MA Al-Manar Sedan adalah dengan penerapan model pembelajaran cooperative script. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa saat proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X MA AL-Manar Sedan, rembang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif yang dilaksanakan selama 3 siklus, dan mengacu pada prosedur penelitian tindakan yaitu: planning, action, observation, dan reflection. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA AL-Manar Sedan yang terletak di desa Menoro Sedan Rembang Merakurak Tuban. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, daftar dokumentasi, lembar observasi, dan tes evaluasi (post test). Analisis data dilakukan dengan cara mengolah skor hasil pengamatan aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam bentuk persentase(%).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script sangat efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa di MA AL-Manar Sedan. Dari Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa Aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 45%, siklus II sebesar 66,7%, dan siklus III sebesar 88,3%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 41,2%, siklus II sebesar 66,5%, dan siklus III sebesar 90,7% dan Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada skilus I sebesar 69,4%, siklus II sebesar 74,7%, siklus III sebesar 78,18%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X MA Al-Manar Sedan tahun ajaran 2014/2015. menunjukkan aktivitas siswa meningkat yakni siklus I sebesar 44%, siklus II sebesar 65% dan siklus III sebesar 88%. (c) hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 48%, siklus II sebesar 72% dan siklus III sebesar 92%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran superitem sangat efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran cooperative script, Aktivitas, dan Hasil Belajar

Selengkapnya bisa anda download di link berikut ini :

DOWNLOAD
Kode : batascatatan.blogspot.com
Baca Juga

Artikel Terkait

0 Response to "Contoh Skripsi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI"

Post a Comment