Thursday 8 February 2018

10 CIRI-CIRI GURU PROFESIONAL
10 CIRI-CIRI GURU PROFESIONAL


Dalam kegitan belajar mengajar saat ini di butuhkan guru professional yang dapat mengembangkan aktifitas dan kreatifitas dalam menyampaikan materi agar mudah dan cepat di pahami oleh peserta didik.berikut ini ada 10 ciri-ciri guru professional yaitu:

1. Selalu punya energy untuk siswanya

Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa disetiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuan mendengar yang seksama.

2. Punya tujuan jelas untuk pembelajaran

Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk pembelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas.

3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif

Seorang guru yang baik memiliki ketrampilan disiplin yang efektif sehingga bias mempromosikan perubahan perilaku positif didalam kelas.

4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik

Seorang guru yang baik memilliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik,saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif,membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.

5. Bisa berkomunikasi baik dengan ornag tua


Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan ornang tua dan membuat mereka selalu updeat informasi tentang apa yang sedang terjadi didalam kelas dalam hal kurikulum,disipli dan isu lainnya.Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi panggilan telepon,rapat,email dll.

6. Punya harapan yang tinggi pada siswanya

Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa yang mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengarahkan potensi terbaik mereka.

7. Pengetahuan tentang kurikulum

Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standart-standart lainya,mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran mereka memenuhi standart-standart itu.

8. Pengetahuan tentang subjek yangn diajarkan

Hal ini mungkin sudah jelas,tetapi kadang-kadang diabaikan,seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subjek yang mereka ajarkan .mereka siap untuk menjawap pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa,bahkan bekerja sama dengan bidang study lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

9. Selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anak dan proses pengajaran

Seorang guru yang baik bersemangat mengajar dan bekerja dengan anak-anak. mereka gembira bias mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya,sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa.

10. Punya hubungan yang berkualitas dengan siswa

Seorang guru kuat dan saling yang baik mengembangkan hubungan yang hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.

Itulah beberapa ciri-ciri tentang guru professional, agar dapat menjadi guru professional sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan sekarang ini setidaknya dapat memenuhi ciri-ciri guru professional tersebut.

by : Andriyani puspitasari
Baca Juga

Artikel Terkait

0 Response to "10 CIRI-CIRI GURU PROFESIONAL"

Post a Comment