Wednesday 16 May 2018

Contoh Skripsi Penerapan Model Learning Cycle (Siklus Belajar), Aktivitas Dan Hasil Belajar
Contoh Skripsi Penerapan Model Learning Cycle (Siklus Belajar), Aktivitas Dan Hasil Belajar

Sumber Foto : Google.com

Sekripsi - Hai sobat batas catatan, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan salah satu contoh karya skripsi PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Bagi sobat mahasiswa yang mungkin sekarang ini sedang bingung2nya bimbingan sekripsi, semoga artikel kali ini bisa membantu.

Penelitian tindakan kelas pada artikel ini tentang Penerapan Model Learning Cycle (Siklus Belajar), Aktivitas Dan Hasil Belajar

ABSTRAKSI

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang masih banyak dihadapi dihampir semua sekolah di indonesia yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran akuntansi dengan pokok bahasan membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa di kelas XI IPS 4 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 4 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban tahun pelajaran 2014/2015. Tahap-tahap pembelajaran Learning Cycle terdiri dari 5 tahap pembelajaran yaitu : tahap engagement yang menekankan pada pemberian materi apersepsi dan pengetahuan awal siswa, tahap exploration yang menekankan pada optimalisasi diskusi kelompok, tahap explanation yang menekankan pada kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil pemikiran mereka, tahap elaboration yang menekankan pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah, dan tahap evaluation yang menekankan pada pemberian soal atau pos tes untuk mengetahui bagaimana hasil belajar yang dicapai siswa.

Penelitian ini terdiri dari dua siklus, subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 sebanyak 40 orang, Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi, dan test diuji dengan validitas construct dan validitas isi. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 65%. Kemudian nilai rata-rata di siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 82,5%, berdasarkan data tersebut terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Learning cycle dari siklus I ke siklus II, dan berdasarkan data hasil pengamatan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Selengkapnya bisa anda download di link berikut ini :

DOWNLOAD
Kode : batascatatan.blogspot.com
Baca Juga

Artikel Terkait

0 Response to "Contoh Skripsi Penerapan Model Learning Cycle (Siklus Belajar), Aktivitas Dan Hasil Belajar"

Post a Comment