Wednesday 16 May 2018

Contoh Skripsi PENERAPAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PETA KONSEP UNTUK MENGETAHUI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI
Contoh Skripsi PENERAPAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PETA KONSEP UNTUK MENGETAHUI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI

Sumber Foto : Google.com

Sekripsi - Hai sobat batas catatan, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan salah satu contoh karya skripsi PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Bagi sobat mahasiswa yang mungkin sekarang ini sedang bingung2nya bimbingan sekripsi, semoga artikel kali ini bisa membantu.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode ceramah menggunakan media visual peta konsep untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VII-F SMP Negeri 2 Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara (interview), tes, dokumentasi, observasi. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, mengamati dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data tentang aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, keaktifan siswa selama KBM, hasil belajar IPS ekonomi siswa dan respon siswa setelah penerapan metode ceramah menggunakan media visual peta konsep. Hasil penelitian ini diketahui bahwa, pada siklus I aktivitas guru sebesar 70 % dengan kriteria cukup efektif, keaktifan siswa sebesar 75,46 % dengan kriteria cukup efektif. Untuk hasil belajar siklus I adalah sebesar 63,88 dan belum dinyatakan tuntas apabila dilihat dari ketuntasan maksimal yang telah ditetapkan sekolah. Pada siklus II aktivitas guru meningkat sebesar 75 % dengan kriteria cukup efektif, keaktifan siswa meningkat menjadi 85,18 % dengan kriteria efektif dan untuk hasil belajar siswa pada siklus II mencapai ketuntasan adalah sebesar 73,33 % dan sudah dinyatakan tuntas apabila dilihat dari ketuntasan maksimal yang telah ditetapkan sekolah. Dan yang terakhir siklus III aktivitas guru meningkat menjadi sebesar 80 % dengan kriteria efektif, sedangkan keaktifan siswa menjadi 90, 27 dengan kriteria efektif. Serta respon siswa terhadap pembelajaran IPS ekonomi setelah diterapkannya metode ceramah menggunakan media visual peta konsep dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut menunjukkan bahwa dengan penerapan metode ceramah menggunakan media visual peta konsep dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII-F SMP Negeri 2 Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata kunci : Metode Ceramah, Media Visual, Peta Konsep, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Selengkapnya bisa anda download di link berikut ini :

DOWNLOAD
Kode : batascatatan.blogspot.com
Baca Juga

Artikel Terkait

0 Response to "Contoh Skripsi PENERAPAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PETA KONSEP UNTUK MENGETAHUI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI "

Post a Comment