Wednesday 16 May 2018

Contoh Skripsi PENERAPAN MODEL  PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION)  UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI
Contoh Skripsi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI

Sumber Foto : Google.com

Sekripsi - Hai sobat batas catatan, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan salah satu contoh karya skripsi PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Bagi sobat mahasiswa yang mungkin sekarang ini sedang bingung2nya bimbingan sekripsi, semoga artikel kali ini bisa membantu.

Penelitian tindakan kelas pada artikel ini tentang Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi

ABSTRAK

Pembelajaran yang terjadi di SMKN 2 Tuban khususnya siswa kelas X-APK seringkali merasa kesulitan memahami pelajaran yang diberikan guru. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Disamping itu, siswa masih sulit dalam mengelaborasi, mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan metode-metode yang digunakan dalam menyelesaikan soal. Metode pembelajaran yang diterapkan berkaitan dengan permasalahan belajar tersebut adalah model pembelajaran Direct Instruction.

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada saat proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui Metode Pembelajaran Direct Instruction di SMKN 2 Tuban. Penelitian ini menggunakan rancanganpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 siklus, dan mengacu pada prosedur penelitian tindakan yaitu: planning, action, observation, dan reflection. Lokasi penelitian di SMKN 2 Tuban. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas X-APK 3. Waktu pelaksanaan penelitian adalah bulan Maret 2015. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, lembar angket, daftar dokumentasi, lembar observasi, dan tes evaluasi (post test). Analisis data dilakukan dengan cara mengolah skor hasil pengamatan aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam bentuk prosentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct Instruction dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-APK 1 SMKN 2 Tuban. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar akuntansi siswa kelas X-APK 3 SMK2 Tuban dengan model pembelajaran Direct Instruction mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada: (a) hasil pengamatan aktivitas guru dalam mengelola KBM menunjukkan aktivitas guru meningkat yakni siklus I sebesar 41%, siklus II sebesar 70%, dan siklus III sebesar 91%. (b) hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukkan aktivitas siswa meningkat yakni siklus I sebesar 51%, siklus II sebesar 65%, dan sikklus III sebesar 75%. (c) hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 58%, siklus II sebesar 66%, dan siklus III sebesar 83%. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Direct Instruction sangat efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Selengkapnya bisa anda download di link berikut ini :

DOWNLOAD
Kode : batascatatan.blogspot.com
Baca Juga

Artikel Terkait

0 Response to "Contoh Skripsi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI"

Post a Comment