Wednesday 16 May 2018

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN VISUAL AUDIOTORY KINESTHETHIC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN VISUAL AUDIOTORY KINESTHETHIC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

Sumber Foto : Google.com

Sekripsi - Hai sobat batas catatan, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan salah satu contoh karya skripsi PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Bagi sobat mahasiswa yang mungkin sekarang ini sedang bingung2nya bimbingan sekripsi, semoga artikel kali ini bisa membantu.

Penelitian tindakan kelas pada artikel ini tentang bagaimana menggunakan model pembelajaran VISUAL AUDIOTORY KINESTHETHIC yang tutjuan penerapannya adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan,

ABSTRAKSI

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang belum optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Prakarya dan kewirausahaan dengan metode pembelajaran visual audiotory kinesthetic, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran visual audiotory kinesthetic pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 4 Tuban . Metode pembelajaran merupakan anak dari metode pembelajaran Quantum yang berprinsip untuk menjadikan situasi belajar menjadi lebih nyaman dan menjanjikan kesuksesan bagi pembelajarnya dimasa depan.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 siklus yang mengacu pada prosedur penelitian tindakan yaitu: planning, action, observation, dan reflection. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Tuban . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS I tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa, dan observer (guru mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan dan mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2011). Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar angket, daftar dokumentasi tentang aktivitas guru dan siswa, lembar observasi, dan tes evaluasi (post test). Analisis data dilakukan dengan cara mengolah skor hasil pengamatan aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam bentuk prosentase.

Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa Aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 86,3%, siklus II sebesar 86,3%, dan siklus III sebesar 90,9%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada skilus I sebesar 63,5%, siklus II sebesar 65,8%, dan siklus III sebesar 77,69% dan Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada skilus I sebesar 40,62%, siklus II sebesar 68,75%, siklus III sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran visual audiotori kinesthetic dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS I SMA Nrgeri 4 Tuban.

Selengkapnya bisa anda download di link berikut ini :

DOWNLOAD
Kode : batascatatan.blogspot.com
Baca Juga

Artikel Terkait

0 Response to "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN VISUAL AUDIOTORY KINESTHETHIC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN"

Post a Comment