Soal USBN Sejarah - Hai sob jumpa lagi pada postingan tentang Contoh soal USBN, bagi sobat-sobat yang membutuhkan sebagai bahan belajar silahkan copas contoh soal berikut ini, Gratiiis. Kunci Jawaban ada di akhir postingan.
1. Kata sejarah diserap dari bahasa Arab “syajaratun” yang berarti pohon. Penggunaan pohon untuk menggambarkan ilmu tentang peristiwa yang terjadi pada masa lalu mengandung arti bahwa….
a. sejarah terus tumbuh dan berkembang dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih komplek
b. suatu saat peristiwa itu akan dilupakan
c. seristiwa itu menghasilkan buah yang dapat dinikmati orang banyak
d. peristiwa itu terjadi karena ada pelaku yang menanamnya
e. manusia dapat memetik pelajaran berharga dari peristiwa masa lalu
2. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menganalisis suatu peristiwa sejarah
(2) Menghimpun sejak-sejak sejarah
(3) Mengumpulkan dokumen-dokumen
(4) Tujuannya mengetahui kejadian bersejarah masa lampau
(5) Mencari informasi sejarah
Tahap heuristik dalam penelitian sejarah ditunjukkan pada nomor ….
a. (1), (2), dan (3) d. (2), (4), dan (5)
b. (1), (2), dan (4) e. (3), (4), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
3. Menurut pepatah Yunani “Historia Vitae Magistra” memberikan pandangan pada manusia untuk mempelajari sejarah karena banyak manfaat didalamnya. Ilmu sejarah bermanfaat bagi manusia sebab dengan mempelajari ilmu sejarah, manusia dapat….
a. memahami pengorbanan pejuang
b. memperoleh pengetahuan tambahan
c. mengenang peristiwa masa lalu
d. mengetahui berbagai peristiwa masa lampau
e. menjadi orang yang bijaksana
4. Konsep kronologi sejarah diperlukan karena peristiwa sejarah terdiri atas berbagai jenis dan bentuk peristiwa yang berbeda. Berikut ini yang merupakan dampak penyusunan peristiwa sejarah tanpa konsep kronologis yaitu… .
a. peristiwa pada suatu masa akan masuk ke masa yang lain
b. sejarawan kesulitan menemukan teori dan konsep sejarah
c. peristiwa sejarah yang ditulis menjadi tidak objektif
d. pembaca akan terjebak pada imajinasi sejarawan
e. pembaca tidak bisa menemukan nilai-nilai positif tokoh sejarah
5. Perhatikan peristiwa berikut!
(1) Terjadi reformasi pada tahun 1998
(2) Munculnya partai-partai padaawal reformasi
(3) Munculnya praktik KKN pada masa Orde Baru
(4) Munculnya organisasi pergerakan pada awal abad XX.
Peristiwa yang menunjukkan unsur perubahan pada konsep waktu, yaitu….
a. (1) dan (2) d. (2) dan (3)
b. (1) dan (3) e. (2) dan (4)
c. (1) dan (4)
6. Dalam sebuah penulisan historiografi seorang peneliti sejarah mengumpulkan data dan fakta-fakta sejarah guna mewujudkan tulisan sejarah yang benar dan obyektif. Pada tahap ini seorang penulis tersebut telah melakukan tahap ....
a. penentuan tema d. interpretasi
b. heuristik e. historiografi
c. verifikasi
7. Perhatikan pernyataan berikut ini
(1) Hasil dalam kelompok yang lebih besar
(2) Mulai mengenal adanya pemimpin
(3) Cara hidupnya nomaden
(4) Mulai menjinakan binatang
(5) Food gathering
Yang merupakan ciri masyarakat bercocok tanam adalah ….
a. (1), (2) dan (3) d. (1), (3) dan (5)
b. (1), (2) dan (4) e. (1), (3) dan (4)
c. (1), (2) dan (5)
8. Perhatikan ciri-ciri berikut!
(1) Manusia sudah hidup menetap
(2) Mengenal bercocok tanam
(3) Hasil budaya berupa kapak persegi
(4) Hidup berpindah-pindah
(5) alat perlengkapan berupa kapak genggam
Ciri kehidupan manusia masa Neolitikum ditunjukkan pada nomor ….
a. (1), (2), dan (3) d. (2), (4), dan (5)
b. (1), (2), dan (4) e. (3), (4), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
9. Perhatikan ciri-ciri berikut!
(1) Manusia sudah hidup menetap
(2) Mengenal bercocok tanam
(3) Hasil budaya berupa kapak persegi
(4) Hidup berpindah-pindah
(5) Alat perlengkapan berupa kapak genggam
Ciri kehidupan manusia masa Neolitikum ditunjukkan pada nomor….
a. (1), (2), dan (3) d. (2), (4), dan (5)
b. (1), (2), dan (4) e. (3), (4), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
1. Kata sejarah diserap dari bahasa Arab “syajaratun” yang berarti pohon. Penggunaan pohon untuk menggambarkan ilmu tentang peristiwa yang terjadi pada masa lalu mengandung arti bahwa….
a. sejarah terus tumbuh dan berkembang dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih komplek
b. suatu saat peristiwa itu akan dilupakan
c. seristiwa itu menghasilkan buah yang dapat dinikmati orang banyak
d. peristiwa itu terjadi karena ada pelaku yang menanamnya
e. manusia dapat memetik pelajaran berharga dari peristiwa masa lalu
2. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menganalisis suatu peristiwa sejarah
(2) Menghimpun sejak-sejak sejarah
(3) Mengumpulkan dokumen-dokumen
(4) Tujuannya mengetahui kejadian bersejarah masa lampau
(5) Mencari informasi sejarah
Tahap heuristik dalam penelitian sejarah ditunjukkan pada nomor ….
a. (1), (2), dan (3) d. (2), (4), dan (5)
b. (1), (2), dan (4) e. (3), (4), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
3. Menurut pepatah Yunani “Historia Vitae Magistra” memberikan pandangan pada manusia untuk mempelajari sejarah karena banyak manfaat didalamnya. Ilmu sejarah bermanfaat bagi manusia sebab dengan mempelajari ilmu sejarah, manusia dapat….
a. memahami pengorbanan pejuang
b. memperoleh pengetahuan tambahan
c. mengenang peristiwa masa lalu
d. mengetahui berbagai peristiwa masa lampau
e. menjadi orang yang bijaksana
4. Konsep kronologi sejarah diperlukan karena peristiwa sejarah terdiri atas berbagai jenis dan bentuk peristiwa yang berbeda. Berikut ini yang merupakan dampak penyusunan peristiwa sejarah tanpa konsep kronologis yaitu… .
a. peristiwa pada suatu masa akan masuk ke masa yang lain
b. sejarawan kesulitan menemukan teori dan konsep sejarah
c. peristiwa sejarah yang ditulis menjadi tidak objektif
d. pembaca akan terjebak pada imajinasi sejarawan
e. pembaca tidak bisa menemukan nilai-nilai positif tokoh sejarah
5. Perhatikan peristiwa berikut!
(1) Terjadi reformasi pada tahun 1998
(2) Munculnya partai-partai padaawal reformasi
(3) Munculnya praktik KKN pada masa Orde Baru
(4) Munculnya organisasi pergerakan pada awal abad XX.
Peristiwa yang menunjukkan unsur perubahan pada konsep waktu, yaitu….
a. (1) dan (2) d. (2) dan (3)
b. (1) dan (3) e. (2) dan (4)
c. (1) dan (4)
6. Dalam sebuah penulisan historiografi seorang peneliti sejarah mengumpulkan data dan fakta-fakta sejarah guna mewujudkan tulisan sejarah yang benar dan obyektif. Pada tahap ini seorang penulis tersebut telah melakukan tahap ....
a. penentuan tema d. interpretasi
b. heuristik e. historiografi
c. verifikasi
7. Perhatikan pernyataan berikut ini
(1) Hasil dalam kelompok yang lebih besar
(2) Mulai mengenal adanya pemimpin
(3) Cara hidupnya nomaden
(4) Mulai menjinakan binatang
(5) Food gathering
Yang merupakan ciri masyarakat bercocok tanam adalah ….
a. (1), (2) dan (3) d. (1), (3) dan (5)
b. (1), (2) dan (4) e. (1), (3) dan (4)
c. (1), (2) dan (5)
(1) Manusia sudah hidup menetap
(2) Mengenal bercocok tanam
(3) Hasil budaya berupa kapak persegi
(4) Hidup berpindah-pindah
(5) alat perlengkapan berupa kapak genggam
Ciri kehidupan manusia masa Neolitikum ditunjukkan pada nomor ….
a. (1), (2), dan (3) d. (2), (4), dan (5)
b. (1), (2), dan (4) e. (3), (4), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
9. Perhatikan ciri-ciri berikut!
(1) Manusia sudah hidup menetap
(2) Mengenal bercocok tanam
(3) Hasil budaya berupa kapak persegi
(4) Hidup berpindah-pindah
(5) Alat perlengkapan berupa kapak genggam
Ciri kehidupan manusia masa Neolitikum ditunjukkan pada nomor….
a. (1), (2), dan (3) d. (2), (4), dan (5)
b. (1), (2), dan (4) e. (3), (4), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
10. Tradisi lisan masyarakat pra aksara yang berisi tentang cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada kaitannya dengan peristiwa sejarah disebut….
a. Mitos d. folklore
b. Legenda e. fabel
c. hikayat
11. Menurut J.C. van Leur agama dan kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana. Para Brahmana ini datang di Indonesia atas undangan dari para penguasa Indonesia sebagai akibat dari kontak perdagangan dengan India. Teori ini dianggap paling utama dan masuk akal. Dasar pendukung kebenaran teori ini adalah….
a. kaum Brahmana sengaja datang untuk menyebarkan agama Hindu
b. para Brahmana merupakan golongan yang menguasai soal keagamaan
c. kaum Brahmana datang ke Indonesia atas undangan penguasa setempat
d. kaum Brahmana diutus oleh raja di India untuk ke Indonesia
e. golongan Brahmana ingin mengajarkan agama Hindu di Indonesia
12. Masuknya agama dan kebudayaan Hindu Buddha ke Nusantara membawa pengaruh terhadap kehidupan masyarakat di berbagai bidang. pengaruh Hindu Buddha dalam bidang aksara adalah pengenalan….
a. bangunan candi
b. tugu peringatan dalam bentuk prasast
c. budaya tulis
d. bahasa Jawa kuno
e. arsitektur India
13. Walaupun pengaruh kebudayaan Hindu terhadap kehidupan kebudayaan Indonesia begitu besar, tetapi bangsa India tidak pernah menjajah Indonesia. apakah buktinya….
a. hubungan kerajaan-kerajaan di Inodesia semakin erat
b. kerajaan di Indonesia tidak pernah diperintah India.
c. kaum Brahmana yang datang ke Indonesia hanya menjalankan tugas keagamaan
d. para pedagang mencari untung dengan menguasai beberapa wilayah
e. orang India datang ke Indonesia untuk mengembangkan pengetahuan
14. Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam yang pertama di Pulau Jawa. Kerajaan Demak berdiri sekitar abad ke-15 M. Pendiri kerajaan ini adalah Raden Patah, seorang putra Raja Majapahit Brawijaya V yang menikah dengan putri Campa. Kerajan Demak membangun perekonomian dari pertanian dan memperluas wilayahnya dengan menaklukan pelabuhan-pelabuhan penting di Pantai Utara Jawa seperti Tuban, Jepara, Sedayu dan Gresik. Dikuasainya pelabuhan-pelabuhan tersebut maka Demak menjadi pelabuhan penghubung (transit) dengan Malaka. Dari deskripsi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa….
a. daerah pedalaman Demak bayak menghasilkan lada sebagai bahan ekspor yang penting
b. perekonomian kerajaan Demak berkembang ke arah perdagangan Maritim dan agraria
c. kerajaan Demak ingin merebut Malaka dari tangan Portugis sehingga Demak menjadi bandar perdagangan yang ramai
d. letaknya strategis di jalur perdagangan Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur
e. kerajaan Demak menjadi pusat perdagangan pertama dengan hasil pertanian beras
15. Perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha dan Islam di berbagai kehidupan telah ada sebelum datangnya Hindu, Buddha dan Islam masuk ke Indonesia. Masyarakat Indonesia telah mengenal kehidupan religius untuk bersikap dan berperilaku dalam kehidupan. Setelah masuknya pengaruh Hindu- Buddha dan Islam terjadilah interaksi dan memengaruhi kehidupan masyarakat di Indonesia. Bentuk perpaduan antara tradisi lokal, Hindu Buddha, dan Islam di dalam kehidupan masyarakat antara lain pertunjukan wayang. Pertunjukan wayang tersebut mampu bertahan sampai sekarang, karena….
a. ceritanya selalu berkembang menyesuaikan kondisi masyarakat setempat
b. isi ceriteranya banyak menyadur dari ceritera Mahabarata dan Ramayana
c. pertujukannya tidak tetap dan bergantung pada kebutuhan tuntutan masayarakat
d. fungsi pertujukan wayang pada awalnya untuk pemujaan arwah nenek moyang
e. pertunjukan wayang banyak digunakan sebagai sarana hiburan dan komunikasi
a. Mitos d. folklore
b. Legenda e. fabel
c. hikayat
11. Menurut J.C. van Leur agama dan kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana. Para Brahmana ini datang di Indonesia atas undangan dari para penguasa Indonesia sebagai akibat dari kontak perdagangan dengan India. Teori ini dianggap paling utama dan masuk akal. Dasar pendukung kebenaran teori ini adalah….
a. kaum Brahmana sengaja datang untuk menyebarkan agama Hindu
b. para Brahmana merupakan golongan yang menguasai soal keagamaan
c. kaum Brahmana datang ke Indonesia atas undangan penguasa setempat
d. kaum Brahmana diutus oleh raja di India untuk ke Indonesia
e. golongan Brahmana ingin mengajarkan agama Hindu di Indonesia
12. Masuknya agama dan kebudayaan Hindu Buddha ke Nusantara membawa pengaruh terhadap kehidupan masyarakat di berbagai bidang. pengaruh Hindu Buddha dalam bidang aksara adalah pengenalan….
a. bangunan candi
b. tugu peringatan dalam bentuk prasast
c. budaya tulis
d. bahasa Jawa kuno
e. arsitektur India
13. Walaupun pengaruh kebudayaan Hindu terhadap kehidupan kebudayaan Indonesia begitu besar, tetapi bangsa India tidak pernah menjajah Indonesia. apakah buktinya….
a. hubungan kerajaan-kerajaan di Inodesia semakin erat
b. kerajaan di Indonesia tidak pernah diperintah India.
c. kaum Brahmana yang datang ke Indonesia hanya menjalankan tugas keagamaan
d. para pedagang mencari untung dengan menguasai beberapa wilayah
e. orang India datang ke Indonesia untuk mengembangkan pengetahuan
14. Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam yang pertama di Pulau Jawa. Kerajaan Demak berdiri sekitar abad ke-15 M. Pendiri kerajaan ini adalah Raden Patah, seorang putra Raja Majapahit Brawijaya V yang menikah dengan putri Campa. Kerajan Demak membangun perekonomian dari pertanian dan memperluas wilayahnya dengan menaklukan pelabuhan-pelabuhan penting di Pantai Utara Jawa seperti Tuban, Jepara, Sedayu dan Gresik. Dikuasainya pelabuhan-pelabuhan tersebut maka Demak menjadi pelabuhan penghubung (transit) dengan Malaka. Dari deskripsi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa….
a. daerah pedalaman Demak bayak menghasilkan lada sebagai bahan ekspor yang penting
b. perekonomian kerajaan Demak berkembang ke arah perdagangan Maritim dan agraria
c. kerajaan Demak ingin merebut Malaka dari tangan Portugis sehingga Demak menjadi bandar perdagangan yang ramai
d. letaknya strategis di jalur perdagangan Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur
e. kerajaan Demak menjadi pusat perdagangan pertama dengan hasil pertanian beras
15. Perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha dan Islam di berbagai kehidupan telah ada sebelum datangnya Hindu, Buddha dan Islam masuk ke Indonesia. Masyarakat Indonesia telah mengenal kehidupan religius untuk bersikap dan berperilaku dalam kehidupan. Setelah masuknya pengaruh Hindu- Buddha dan Islam terjadilah interaksi dan memengaruhi kehidupan masyarakat di Indonesia. Bentuk perpaduan antara tradisi lokal, Hindu Buddha, dan Islam di dalam kehidupan masyarakat antara lain pertunjukan wayang. Pertunjukan wayang tersebut mampu bertahan sampai sekarang, karena….
a. ceritanya selalu berkembang menyesuaikan kondisi masyarakat setempat
b. isi ceriteranya banyak menyadur dari ceritera Mahabarata dan Ramayana
c. pertujukannya tidak tetap dan bergantung pada kebutuhan tuntutan masayarakat
d. fungsi pertujukan wayang pada awalnya untuk pemujaan arwah nenek moyang
e. pertunjukan wayang banyak digunakan sebagai sarana hiburan dan komunikasi
Selanjutnya : Soal USBN Sejarah SMA/MA dan Kunci Jawaban - Part 2 16 - 30
0 Response to "Soal USBN Sejarah SMA/MA Kelas XII dan Kunci Jawaban - Part 1"
Post a Comment