Monday 24 April 2017

Saran Memilih Format Teks Alignment Pada Artikel Blog
Saran Memilih Format Teks Alignment Pada Artikel Blog

Format posting merupakan isu penting dalam desain blog atau website. Ini menyangkut aspek scannability dan readability. Bagaimana format posting blog yang baik? Salah satunya adalah gunakan rata kiri (text align left)!

Perhatikan tampilan posting blog Anda. Apakah tampilan teks (naskah tulisan)-nya rata kiri ataukah rata kiri-kanan (justify)?

Jika rata kiri-kanan (justify), sehingga tampilannya seperti format teks tulisan di Skripsi, koran, buku, atau surat resmi, itu artinya blog Anda menganut "aliran resmi/formal".

Tampilan posting rata kiri-kanan alias full-justified tidak lazim. Selain membuat kaku, memperlambat user untuk membacanya, tampilan teks justify ini juga akan tampak buruk jika ada di kolom sempit.

Sebaliknya, tampilan posting atau teks rata kiri (align-left), akan lebih mudah dibaca, lebih enak dilihat (dipindai/scanned), dan ini artinya memenuhi aspek "readability naskah online". [1]

Setelah membaca ulasan di atas, admin pun juga mencoba menggunakannya di beberapa di artikel batas catatan, dan memang untuk penggunaan format teks rata kiri-kanan sangat tidak cocok untuk di gunakan di artikel blog, apalagi ketika artikel dibuka di mode mobile, tata letak huruf akan terlihat tidak beraturan. 


Sebaliknya jika format teks mengunakan rata kiri dan saya coba melihatnya di mode mobile. akan terlihat enak dibaca dan terkesan tidak kaku.

Rata kiri-kanan

Rata kiri

Sekian ulasan dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.
Sumber : http://www.contohblog.com

Baca Juga

Artikel Terkait

0 Response to "Saran Memilih Format Teks Alignment Pada Artikel Blog"

Post a Comment